Kamis, 05 Maret 2020

Sosialisasi Program Penyaluran Sembako 2020

Jemurwonosari, 04/03/2020.
Program Penyaluran Sembako yang dilaksanakan Pemerintah, dalam hal ini pelaksananya oleh Dinas Sosial adalah Pengembangan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang telah dilaksanakan terlebih dahulu.
Dalam Rapat Sosialisasi yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan, dalam sambutan pembukaan yang dipimpin oleh Ibu Ambar (Sekretaris Kecamatan) dipaparkan dari sekitar 15,6 juta penerima manfaat se Indonesia terdapat kurang lebih 4000 KPM adalah penduduk kota Surabaya.
Tujuan dan manfaat program ini selain mengurangi beban pengeluaran bagi KPM dalam pemenuhan kebutuhan pangan, pemberian gizi yang seimbang, serta dalam program jangka panjangnya mencegah terjadinya stanting, adalah juga untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama usaha mikro dan kecil disektor perdagangan karena melibatkan e-warong dalam pendistribusiannya.
Dalan narasi selanjutnya oleh Ibu Nindy (Dinas Sosial) bahwa nilai bantuan mengalami kenaikan menjadi 150.000/KPM/bln, bantuan tunai diwajibkan untuk membeli komoditas bahan pangan di e-warong yg merupakan mitra dari Dinas Sosial.
Komoditas bahan pangan meliputi :
- Sumber Karbohidrat
  Misal : Beras, jagung atau sagu
- Sumber Protein Hewani
  Misal : Telur, ayam, ikan, daging
- Sumber Protein Nabati
  Misal : Kacang"an, tempe & tahu
- Sumber Vitamin dan Mineral
  Misal : Sayuran dan buah"an
Bantuan tersebut tidak boleh digunakan untuk pembelian minyak goreng, tepung, gula yang tidak termasuk dalam program Sembako.
Tidak boleh dipergunakan juga untuk pembelian rokok dan pulsa.
Perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk pengawasan dalam pendistribusian program Sembako ini agar benar-benar tersampaikan peruntukannya dan tepat sasaran yaitu masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan tersebut.
(Ariemwe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan ibu Rini Eri Cahyadi di RW04 Jemurwonosari

Surabaya. Jumat 17/5/2024, ibu Rini Eri Cahyadi selaku Bunda PKK Kota Surabaya melakukan kunjungan ke Balai RW04 Jemurwonosari untuk melihat...